Cara Merawat Kampas Rem Agar Bekerja Maksimal

Cara Merawat Kampas Rem Agar Bekerja Maksimal

Cara merawat kampas rem akan mensugesti umur dan efektifitas pengereman. Komponen rem sebagai salah satu komponen utama dari sebuah kendaraan baik kendaraan bermotor maupun tidak harus berfungsi secara maksimal. Sesuai fungsi utama dari komponen rem yaitu menghentikan laju kendaraan jikalau tidak berfungsi dengan baik dapat membahayakan keamanan pengguna kendaraan tersebut.

Antara satu komponen rem dengan komponen lain harus berfungsi dengan baik, sebab jikalau salah satu saja komponen gagal berfungsi dengan baik makan dapat saja timbul kecelakaan, inilah yang sering kita sebut sebagai rem blong. Seperti komponen lain, komponen pengereman juga tidak luput dari perlunya maintenance atau perawatan secara terpola semoga dikala digunakan dapat berfungsi secara maksimal.

Cara merawat kampas rem semoga infinit dan tetap dapat berfungsi secara maksimal sangatlah mudah. Langkah pertama yang dapat anda lakukan ialah dengan menekan tuas atau pedal rem sesuai kebutuhan. Artinya dikala anda sudah tidak membutuhkan rem sebaiknya tidak menekan atau menekan pedal sekalipun sudah terasa tidak mengerem.

Hal ini sebagai upaya semoga kampas rem tidak bergesekan secara tidak sengaja. Karena sebagian dari pengendara kendaraan bermotor seringkali tetap menekan pedal meskipun sudah tidak mengerem. Kebiasaan jelek lainnya yang perlu dihindari ialah mengerem mendadak. Memang betul komponen rem sudah teruji untuk keadaan ekstrim, namun jikalau komponen rem dipaksa bekerja maksimal terlalu sering maka umur dari komponen tersebut akan semakin pendek.

Cara perawatan kampas rem dapat dibersihkan serta diatur kerenggangannya secara berkala, semakin usang kampas akan semakin menipis sehingga akan semakin renggang juga sering kali residu kampas melekat pada komponen rem. Paling gampang ialah dengan menservice kendaraan anda di bengkel resmi, namun anda juga sebetulnya dapat melaksanakan perawatan sendiri.

Rem tromol dapat diservice dengan cara membuka tromol serta membersihkan residu yang tertinggal dalam tromol dengan sikat. Sedangkan rem cakram dapat dilakukan dengan mencopot kampas kemudian dibersihkan dengan sikat dan amplas halus. Pastikan juga anda menyelidiki ketebalan cakram dan dinding tromol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *