AC Mobil Tidak Dingin? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya!

Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan di dalam kabin mobil yang dibeli dengan memanfaatkan paket kredit Mitsubishi Xpander adalah adanya sistem pendingin alias air conditioner (AC). Apalagi jika mobil dikendarai di area dengan udara yang panas seperti area perkotaan, keberadaaan AC akan semakin penting.

Kenapa ya AC mobil tidak dingin?

Dalam sistem AC mobil,biasanya terdapat beberapa komponen penting yang bekerja. Misalnya saja, dryer, evaporator, kompresor, kondensor, dan receiver. Nah, yang namanya freon ini berada di dalam evaporator. Apabila terjadi kebocoran, maka bisa menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin. Penyebab lainnya bisa jadi karena freon AC yang sudah berumur sehingga sudah tak mampu lagi bekerja optimal untuk mendinginkan kabin.

Bagaimana cara mengcek kebocoran pada AC?

Lantas, bagaimana ya cara mengecek atau mendeteksi adanya kebocoran pada AC? Sebenarnya hal ini mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, kok. Cukup perhatikan kompresor AC mobil saja; jika kompresor tidak bergerak ketika AC dinyalakan, besar kemungkinan kalau ada kebocoran pada AC sehingga menyebabkan freon AC habis.

Di samping itu, ada beberapa sinyal lainnya yang menunjukkan bahwa Anda memang sudah harus segera mengganti freon AC. Misalnya kipas AC yang tidak berputar, AC menyala tapi tidak dingin, dan sebagainya.

 

Cek kondisi karet seal sambungan selang

Meski demikian, bisa jadi masalah mengapa AC di dalam kabin mobil jadi tak lagi terasa dingin adalah karena kondisi karet seal yang menyambungkan selang dan pipa sudah renggang atau berlubang. Penyebabnya bisa jadi karenakaret seal yang sudah cukup lama dipakai, sehingga karet seal tak lagi biss menyegel sambungan dengan rapat sebagaimana mestinya.

Lalu, apa solusi terbaik yang bisa Anda lakukan? Anda bisa mengecek terlebih dahulu komponen AC mobil secara menyeluruh. Apabila Anda tidak cukup berpengalaman, Anda bisa membawanya langsung mobil ke bengkel terdekat untuk pengecekan oleh mekanik profesional. Jika ternyata benar terjadi kebocoran freon, segera lakukan penambalan dan isi AC mobil dengan freon baru.

 

Seberapa sering Anda perlu ganti freon AC?

Jangan tunggu freon habis untuk menggantinya. Meskipun jangka waktu pemakaian freon AC terbilang panjang, penambahan usia mobil dan peningkatan penggunaan AC kendaraan perlahan dapat menurunkan kemampuan freon untuk mendinginkan kabin.

Oleh karena itu, sebaiknya cek dan isi kembali freon AC secara berkala setiap 3 tahun sekali. Risiko kebocoran memang bisa terjadi tapi kemungkinannya sebenarnya kecil. Oleh karena itu, jika AC mobil tidak dingin, sebaiknya Anda segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

Itulah penyebab AC mobil tidak dingin. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *