Kenali Keunggulan dan Manfaat Asuransi Unit Link

Asuransi Unit Link merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup populer akhir-akhir ini. Asuransi tersebut menarik perhatian masyarakat karena memadukan program asuransi dengan program investasi sehingga menawarkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan program asuransi biasa.

 

Cara Kerja Unit Link

Investasi unit link menawarkan 2 manfaat secara bersamaan yaitu investasi dan perlindungan. Ketika membayar premi, Anda berarti sudah melakukan investasi dan mendapatkan bonus proteksi. Anda tidak perlu bingung untuk mengelola dana investasi karena sudah ditangani oleh manajer investasi.

Anda dapat memilih di mana saja dana investasi tersebut akan diletakkan seperti reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, atau pasar uang. Pastikan untuk memilihnya sesuai dengan tujuan Anda. Agar lebih yakin, cara kerja investasi unit link di Indonesia telah diatur oleh OJK dengan rincian sebagai berikut:

  • Keputusan Ketua Bapepam-LK No. KEP-104/BL/2006 mengenai produk Unit Link
  • Peraturan OJK No. 23/POJK.05/2015 mengenai Asuransi & Pemasaran Produk Asuransi
  • Peraturan OJK No. 1/POJK.07/2013 mengenai Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan
  • Peraturan OJK No. 69/POJK.05/2016 mengenai Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi
  • Surat Edaran OJK No. 19/SEOJK.05/2020 mengenai Saluran Pemasaran Produk Asuransi
  • Surat Edaran OJK No. 32/SEOJK.05/2016 mengenai Saluran Pemasaran Produk Asuransi

 

Keunggulan Memilih Unit Link Dibandingkan Program Asuransi Lainnya

  • Mendapatkan Perlindungan Dari Risiko di Masa Depan

Setiap orang tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi dengan dirinya di masa depan seperti sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya. Sebagian besar resiko tersebut akan berdampak terhadap finansial. Asuransi hadir sebagai solusi untuk meminimalisir resiko tersebut dengan memberikan manfaat mulai dari biaya rumah sakit hingga santunan untuk kematian.

  • Mendapatkan Manfaat Investasi

Selain mendapatkan proteksi untuk berbagai risiko yang mungkin terjadi di masa depan, pemegang polis juga akan mendapatkan manfaat investasi untuk menambah aset atau kekayaan yang dimiliki. Asuransi ini mengajak masyarakat untuk disiplin berinvestasi.

  • Proses Investasi yang Mudah

Selama ini masih banyak masyarakat yang takut memulai investasi karena risiko dan kegagalan investasi sebelumnya. Namun dengan asuransi ini, uang yang disetorkan akan dikelola oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang keuangan.

  • Jangka Waktu Perlindungan Lebih Panjang

Asuransi Unit Link menawarkan masa pertanggungan lebih panjang jika dibandingkan asuransi jiwa. Beberapa penyedia asuransi menawarkan masa pertanggungan 80 tahun hingga 100 tahun atau seumur hidup.

  • Mendapatkan Manfaat Tunai

Pada program asuransi jiwa murni biasanya akan hangus ketika risiko yang ditanggung dalam asuransi tidak pernah terjadi dalam jangka waktu yang disepakati. Namun dalam program unit link, Anda dapat mencairkannya di waktu tertentu sehingga Anda tidak akan kehilangan manfaatnya.

  • Mendapatkan Manfaat Tambahan

Setiap program unit link hadir dengan manfaat tambahan, salah satunya adalah manfaat kematian karena kecelakaan. Adanya layanan tambahan ini tentu sangat penting untuk melindungi orang tercinta jika pemilik asuransi meninggal dunia karena kecelakaan selama asuransi masih berjalan.

Demikian beberapa keunggulan dan manfaat dari asuransi unit link. Pastikan Anda memilih produk unit link dari penyedia asuransi yang terpercaya dan kredibel. Anda dapat membeli produk unit link sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan.

Selain itu, pilihlah jenis investasi yang sesuai. Beberapa jenis investasi yang dapat dipilih di antaranya adalah investasi pasar uang, saham, pendapatan tetap, investasi campuran, dan syariah. Sebelum membelinya, pastikan Anda memahami hak dan kewajiban nasabah dari polis asuransi tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *